Minggu, 27 Oktober 2013

Gak Khawatir Gemuk

Menjadikan Ayurveda sebagai patokan makan, berarti jam makan juga tidak asal. Jam makan yang dilakukan haruslah mengikuti ritme tubuh manusia:

12 siang sampai 8 malam

Waktu yang tepat untuk makan, karena pencernaan sedang dalam kondisi prima, dan semua nutrisi maksimal dapat diserap oleh tubuh. Dalam jangka waktu ini Anda juga sedang beraktivitas sehingga kalori juga tetap terbakar dan kalori yang masuk efektif dibakar sebagai bahan melakukan suatu kegiatan.

8 malam sampai 4 pagi

Masa asimilasi, di mana metabolisme tubuh akan menurun, sehingga tidak disarankan makan di jam ini. Di jam ini nutrisi tidak akan terserap maksimal dan penimbunan kalori mudah terjadi. Sekalipun pada jam tidur biasanya tubuh juga tetap membakar kalori, namun jumlahnya sangat kecil sehingga tidak imbang apabila Anda memasukkan kalori pada jam ini.

4 pagi - 12 siang

Adalah masa detox atau eliminasi, di mana Anda boleh makan sesuatu yang sehat saja, sesuatu yang sifatnya mendetox tubuh. Entah itu sayuran atau buah-buahan.

Artinya, diet ini memperbolehkan Anda untuk tetap makan sebelum jam 12 siang, dengan persyaratan makanan tersebut adalah makanan yang dapat mendetox tubuh. Jam 12 siang hingga jam 8 malam, Anda bisa makan menu berat dan mengisi perut dengan aneka lauk dan sayuran. Tetap ingat, bahwa memilih makanan harus berdasarkan kebutuhan tubuh ya, bukan hanya kesenangan lidah saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar