Minggu, 22 April 2012

Inilah Alasan Mengapa Sup Mampu Melawan Flu



200420121648072 Inilah Alasan Mengapa Sup Mampu Melawan Flu

Banyak ibu bila ada anggota keluarganya menderita flu atau kedinginan sering menghidangkan sup untuk menghangatkan tubuh sekaligus meredakan flu.
Selidik punya selidik ternyata para ilmuwan menemukan, bahwa sayur sup yang diolah dari berbagai bahan makanan seperti ayam, kembang kol, kentang, buncis, jamur, seledri, daun bawang, tomat, bawang putih, bawang merah, jahe dan bumbu rempah-rempah lainnya memang berkhasiat bagi kesehatan.
Apa saja khasiatnya? Berikut penjelasannya.
1. Bawang Putih
Penelitian yang dilakukan di Australia menunjukkan, bahwa orang yang rutin mengonsumsi bawang putih lebih sedikit mengalami pilek (33 persen). Bahkan ketika sakit pun, mereka akan sembuh tiga hari lebih cepat.
2. Seledri
Seledri mengandung vitamin C yang tinggi antioksidan juga berperan sebagai agen anti inflamasi (anti peradangan) alami yang dapat membantu menenangkan sistem pernapasan.
3. Bawang Merah
Bawang dikenal sebagai makanan super yang mengandung quercetin (bioflavonoid antioksidan). Antioksidan mampu meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah sekaligus mengatasi infeksi dan penyakit lainnya akibat virus dan bakteri.
Tak hanya itu, senyawa ini juga dapat memecah lendir (cairan flu) sehingga hidung dan tenggorokan akan terasa lega. Serta mengurangi pelepasan histamin, penyebab utama dari hidung berair, mata gatal dan bersin.
4. Jahe
Jahe mengandung berbagai senyawa fenolik seperti gingerol dan shogaol yang mempunyai aktivitas antioksidan yang tinggi melebihi aktivitas antioksidan vitamin E. Antioksidan ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus membantu melawan virus dan bakteri, serta menghangatkan tubuh.
5. Tomat
Selain mengandung antioksidan bernama, likopen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, tomat juga mengandung zat lain yang disebut tomatin, yang bersifat sebagai antiinflamasi (anti peradangan). Bila Anda demam, tomat juga mempunyai sifat antipiretik alias penurun demam.
Jadi, kini semakin terbukti secara ilmiah bahwa sup memang dapat membantu Anda melawan flu dan kedinginan.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar